Bagaimana Fiber Optic Bekerja

Kira-kira lebih dari 20 tahun yang lalu, kabel serat optik (Fiber Optic) telah memngambil alih dan mengubah wajah teknologi industri telepon jarak jauh maupun industri automasi dengan pengontrolan jarak jauh. Serat optik juga memberikan peranan besar membuat Internet dapat digunakan di seluruh dunia.
Ketika serat optik menggantikan tembaga (copper) sebagai long distance calls maupun internet traffic yang secara tidak langsung berdampak pd penurunan biaya produksi. Untuk memahami bagaimana sebuah kabel serat optik bekerja, sebagai contoh coba bayangkan sebuah sedotan plastik atau pipa plastik panjang fleksible berukuran besar. Bayangkan pipa tersebut mempunyai panjang seratus meter dan anda melihat kedalam dari salah satu sisi pipa. Seratus meter di sebelah sana seorang teman menghidupkan lampu senter dan diarahkan kedalam pipa. dikarenakan
bagian dalam pipa terbuat dari bahan kaca sempurna, maka cahaya senter akan di refleksikan pada sisi yang lain meskipun bentuk pipa bengkok atau terpilin masih dapat terlihatpantulan cahaya tersebut pada sisi ujungnya. Jika misalnya seorang teman anda menyalakan cahaya senter hidup dan mati seperti kode morse, maka anda dan teman anda dapat berkomunikasi melalui pipa tersebut. Seperti itulah prinsip dasar dari serat optik atau yang biasa dikenal dengan nama fiber optic cable.

Bagian Fiber Optic

Sebuah kabel fiber optik terbuat dari serat kaca murni, sehingga meskipun kabel mempunyai panjang sampai beratus2 meter, cahaya masih dapat dipancarkan dari ujung ke ujung lainnya. Helai serat kaca tersebut didesain sangat halus,ketebalannya kira-kira sama dengan tebal rambut manusia. Helai serat kaca dilapisi oleh 2 lapisan plastik (2 layers plastic coating) dengan melapisi serat kaca dengan plastik, akan didapatkan equivalen sebuah cermin disekitar serat kaca.
Cermin ini menghasilkan total internal reflection (refleksi total pada bagian dalam serat kaca).
sama seperti jika kita berada pada ruangan gelap dengan sebuah jendela kaca, kemudian anda mengarahkan cahaya senter 90 derajat tegak lurus dengan kaca , maka cahaya senter akan tembus ke luar ruangan. Akan tetapi jika cahaya senter tersebut diarahkan (ke jendela berkaca) dengan sudut yang rendah (hampir paralel dengan cahaya aslinya), maka kaca tersebut akan berfungsi menjadi cermin yg akan memantulkan cahaya senter ke dalam ruangan. demikian pada serat optik, cahaya berjalan melalui serat kaca pada sudut yang rendah.

Optic- transmit

Untuk mengirimkan percakapan2 telepon melalui serat optik, suara analog di rubah menjadi sinyal digital. Sebuah laser transmitter pada salah satu ujung kabel on/off untuk mengirimkan setiap bit sinyal. System fiber optik Modern dengan single laser bisa mentransmitkan jutaan bit/second. Atau bisa dikatakan laser transmitter on dan off jutaan kali /second.
System terbaru laser transmitter dapat mentransmitkan warna2 yang berbeda untuk mengirimkan beragam sinyal digital dalam fiber optik yang sama.

Optic-Signal

Kabel fiber optik modern dapat membawa sinyal digital dengan jarak kurang lebih 60 mil (sekitar 100 Km). Pada jalur distribusi jarak jauh biasanya terdapat peralatan tambahan (equipment hut) setiap 40-60 mil,yang berfungsi pick-up equipment yang akan menampung, menguatkan sinyal, dan kemudian me- retransmit-kan sinyal ke equipment selanjutnya.

~ by ewijaya on September 25, 2007.

34 Responses to “Bagaimana Fiber Optic Bekerja”

  1. Assalamualikum Mas Ewin Gimana kabarnya? wooh keren man blog nya, hidup mas Ewin hehehe… hidup blogger…

  2. Waalaikumsalam mas Madi. kabarnya damang-damang saja,
    ini baru bikin kok. Masih bingung mau diisi apa aja.
    Pertamanya mau bikin website tapi masih blank tentuin tema sama mau di isi apa aja. Ada ide?

  3. Dear Mas Ewin, Slm kenal aja, saya joko dan saat ini saya ingin belajar banyak mengenai FO. Btw blog yg anda buat cukup simple dan menarik jadi gampang diingat. Boleh tidak kalo saya tanya2 mengenai FO dan implementasinya yang berkaitan dengan Teknologi yang saat ini bayak diadopsi oleh banyak provider telekomunikasi di indonesia, thanks ahhh.

  4. asalamualaikum, mas erwin thanks ya bloksnya kren abis bwat tambah pngalama saya bekerja sukses aj bwat mas erwin

  5. jangan lupa klo ada yang kren lagi bleh donk

  6. ada yg lbih cnnggih g dri fiber opticcccc?????????????????

  7. TRIM’S YA KAK DAH BIKIN BLOG SMACAM NI OH Y MBAHAS PERTANYAAN DIATAS BENER GAK LO ADA YANG LEBIH BAGUS DARI FIBBER OPTIC!!!!!!!!!!! JD PNAARAN GT DECH!!!!!!!!!!!

  8. […] https://ewijaya.wordpress.com/2007/09/25/bagaimana-fiber-optic-bekerja/ […]

  9. […] https://ewijaya.wordpress.com/2007/09/25/bagaimana-fiber-optic-bekerja/ […]

  10. makasih ya kak dah bikin blog kaya gini…kalo di misal-misal kaya gitu jadi lebih mudah dicerna.

  11. Terima kasih atas artikelnya…

    silakan kunjungi website saya..

  12. siiippp… makasih infonya mas..^__^

  13. serat optik ini sangat bermanfaat sekali, membuat jarak yang jauh menjadi tidak terasa, memperbaiki sistem komunikasi menjadi lebih baik lagi.terimakasih.

  14. dimana saya bisa dapat informasi tentang harga FO n perangkatnya?

  15. Aslkm…salam kenal sebelumnya mas….saya welly mhswa jrsan fisika.saya mau minta saran dan ilmunya nih mas,saya skrg lagi mau penelitian tentang menguur kandungan glukosa menggunakan sensor fiber optik,kira2 bagaimana cara kerja fiber optik itu sendiri dan jenis fiber optik apa yang cocok??sebelumnya terimakasih banyak mas….wass

  16. nice artikel, kami http://www.spotelindo.com menyediakan berbagai macam peralatan fiber optik, patchcord, Pigtail. Fo Driver dll

  17. […] https://ewijaya.wordpress.com/2007/09/25/bagaimana-fiber-optic-bekerja/ […]

  18. Aslkm…salam kenal sebelumnya mas….saya githa maw m_ download bahan tentang bagaimana fiber optik berkerja. boleh kan mas….
    Thanks b4

  19. AWW…
    salam kenal, mas…
    mas, da referensi aplikasi fiber optik buat sensor g?
    klo ada bagi2 dunk ilmuna…
    mksh ^^

  20. Reliabilitas dari serat optik dapat ditentukan dengan satuan BER (Bit error rate). Salah satu ujung serat optik diberi masukan data tertentu dan ujung yang lain mengolah data itu. Dengan intensitas laser yang rendah dan dengan panjang serat mencapai beberapa km, maka akan menghasilkan kesalahan. Jumlah kesalahan persatuan waktu tersebut dinamakan BER. Dengan diketahuinya BER maka, Jumlah kesalahan pada serat optik yang sama dengan panjang yang berbeda dapat diperkirakan besarnya.
    Salam,
    Sebastian
    http://networking.jaringan-komputer.com/fiberoptic.html
    http://www.princilia.com
    http://www.princiliabeauty.com

  21. saya bekerja di bidang jasa,di bidang terminasi optik/FO

  22. […] Sumber […]

  23. […] Bagaimana Fiber Optic Bekerja […]

  24. keren” makin canggih aja ni dunia

  25. Mantap kang, hatur nuhun jadi lebih tau FO … tambah lagi ya tentang aplikasinya FO untuk berbagai kegunaan ya …

  26. […] https://ewijaya.wordpress.com/2007/09/25/bagaimana-fiber-optic-bekerja/ […]

  27. Apakah sekarang di Indonesia sudah pakai FO kok jaringan internetnya masih lemot, terutama di desa desa, malahan gk bisa buat internetan

  28. […] https://ewijaya.wordpress.com/2007/09/25/bagaimana-fiber-optic-bekerja/ […]

  29. […] : – wikipedia – https://ewijaya.wordpress.com/2007/09/25/bagaimana-fiber-optic-bekerja/ – […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: